Win-Win Transportation Solution dan Performance Management Serta Kaitannya Dalam Peningkatan Service Quality Pada PT Transportasi Jakarta

Nurvi Oktiani, Kartika Yuliantari, Ratih Setyo Rini

Abstract


Transjakarta Busway siatem merupakan suatu sarana transportasi yang disediakan oleh pemeritah DKI Jakarta, yang mana aktivitas operasional bus transjakarta dan penerimaan pembayaran untuk penggunaan jasa telah diatur sedemikian rupa sehingga dapat dikelola dengan baik sehingga dapat memberikan Service Quality yang terbaik, namun seperti halnya dilapangan ada beberapa hal yang sebaiknya harus diperhatikan oleh PT. Transportasi Jakarta ini, dimana diantaranya masih ada kendala – kendala ataupun permasalahan yang dihadapi oleh PT Transjakarta dalam pengelolaannya, sebagai contoh misalkan perbandingan bus dengan penumpang atau pengguna jasa transportasi, pada beberapa koridor, permasalahan bus yang mengalami kerusakan dan isu- isu lainnya. Dalam menghadapi  beberapa isu – isu di atas maka diperlukannya beberapa langkah atau alternative cara ataupun strategi dalam menghadapi isu tersebut  dalam rangka peningkatan Service Quality dimana diantaranya melalui Win- Win Transportation dan Performance Management. Penelitian ini menggunakan metode quantitative dengan Teknik analisis data melalui Regresi Linear Berganda dengan melakukan pengujian terhadap uji Reliabilitas, Uji Validitas, Pengujian Asumsi Klasik dengan Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, Uji Heterodisitas, dan Uji Parsial,  sedangkan Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling terhadap pengguna jasa PT Transportasi Jakarta  atau Transjakarta dengan jumlah sampel sebesar 400 Orang. Dari Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh dan Hubungan antara Win-Win Transportation dan performance Management terhadap upaya peningkatan Service Quality, dan dapat digambarkan bahwa Win-Win Transportation dan Performance Management merupakan alternative cara ataupun strategi dalam peningkatan Service Quality, sehingga dapat dijadikan sebagai evaluasi dalam meningkat efisiensi dan mengurangi kendala – kendala dalam pengelolaan pelayanan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pengguna jasa transportasi


Full Text:

PDF

References


Cempel, E. (2010). A CFO’s Handbook on Performance Management, 48. Retrieved from http://trid.trb.org/view/2010/M/1097225

Eboli, L., & Mazzulla, G. (2013). Performance indicators for an objective measure of public transport service quality. European Transport, (51), 1–21.

Litman, T. (2013). Smarter congestion relief in asian cities. Transport and Communications Bulletin for Asia and the Pacific, (82), 1–18.

Litman, T. (2017). Win-Win Transportation Emission Reduction Strategies, (June 2007).

Oktiani, N., & Misriati, T. (2017). Evaluasi Faktor – Faktor Desain Win-Win Transportation Solution Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Busway, 5(1), 27–40.

Sen, L., Majumdar, S. R., Highsmith, M., Cherrington, L., & Weatherby, C. (2011). Performance Measures for Public Transit Mobility Management, 7(3), 1–202.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.