Peran Dunia Pendidikan Untuk Meningkatkan Sistem Informasi Akuntansi dalam Era Big Data dan Revolusi Industri di Indonesia

Deasy Novayanti, Khotimah Herliana

Abstract


Seiring perkembangan teknologi yang ada, maka saat ini kita sudah memasuki era Revolusi Industri 4, dimana penggunaan teknologi sudah sangat massive digunakan dalam setiap level perusahaan. Kecanggihan robot untuk pemanfaatan fungsi yaitu membantu manusia dalam menyelesaikan tugasnya sudah sangat besar. Setiap perusahaan harus memanfaatkan teknologi yang ada untuk memajukan dan meningkatkan tingkat kompetitif dengan perusahaan sejenis lainnya. Sebentar lagi kita memasuki Era Revolusi Industri 5, dimana fungsi tenaga manusia hampir bisa dieliminasi oleh kecanggihan teknologi. Sistem Informasi akuntansi akan dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi, sehingga perannya nanti tidak tergantikan, bahkan akan semakin dibutuhkan, dengan variasi jasa akuntansi yang lebih baik dan memuaskan. Untuk itu semua lembaga pendidikan harus bisa menyesuaikan kurikulum akuntansi sesuai dengan tuntutan perusahaan atas lulusan akuntan yang kompeten dan tidak buta teknologi. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan mengkaji naskah penelitian dalam jurnal internasional dan nasional serta laporan perkembangan akuntansi di Indonesia. Seiring perkembangan teknologi terbukti membuat perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia memanfaatkan teknologi yang ada untuk operasional bisnisnya. Untuk itu pemerintah juga harus dapat mengikuti trend teknologi yang ada untuk pengawasan dan pembuatan aturan yang sesuai kebutuhan saat ini demi menghasilkan tenaga akuntan yang profesional

Full Text:

PDF

References


Adrianto, Z. (2017). Faktor – faktor yang mempengaruhi implementasi Big Data dalam Audit Zaldy Adrianto. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 17. Retrieved from http://journal.feb.unpad.ac.id/index.php/jak/article/view/106

Asmara, R. Y., & Ditriani, K. A. (2009). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI INDONESIA. Jurnal Akuntansi Bisnis, 2(1), 49–63. Retrieved from https://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/article/view/384/368

Mcknight, C. (2015). Preliminary Investigation of Big Data and Implications for Accounting Curricula. Auckland Regional Accounting Conference, 1–11.

Taufiq, M. (2017). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KEPROFESIAN DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Naturalistic, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.