PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN KOPI NUSANTARA BERBASIS WEB

ratih dwi asworowati, diah wijayanti, suhendrik hendrik

Abstract


Abstrak - Indonesia tercatat sebagai negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia. Ironisnya konsumsi kopi di Indonesia jauh di bawah negara – negara lain seperti Amerika dan Brazil. Itu berarti tingkat konsumsi kopi masyarakat Indonesia terbilang masih sangat rendah sekali, itu disebabkan karena masyarakat Indonesia masih sangat kurang  wawasannya tentang kopi nusantara. Padahal Indonesia memliki biji kopi yang sangat beragam hampir di seluruh pelosok bumi nusantara Indonesia menghasilkan kopi. Kurangnya sosialisasi dari para petani kopi dan para pengusaha kopi itu menjadi salah satu penyebab dalam permasalahan ini. Rendahnya harga yang didapat petani apabila dibandingkan dengan harga beli konsumen akhir. Ini terjadi karena panjangnya rantai distribusi dari petani hingga konsumen. Dan juga terjadi karena praktek tengkulak  yang mengakibatkan merosotnya jumlah petani. Untuk menyelesaikan masalah ini salah satunya dengan memperbaiki pola perdagangan, Dengan  menjual produk kopi secara online merupakan salah satu cara untuk  menambah peluang binis secara terbuka untuk masyarakat Indonesia dengan begitu maka produksi kopi di Indonesia akan semakin meningkat dan dapat meningkatkan budaya konsumsi kopi di indonesia.Berkaca dari masalah tersebut penulis membuat sebuah perancangan sistem informasi penjualan kopi nusantara berbasis web. Dimana perancangan sitem informasi penjualan kopi nusantara ini nantinya akan memudahkan masyarakat untuk mencari informasi tentang kopi nusantara dan dapat memesan dan membeli langsung melalui web yang penulis buat.

Kata Kunci: Website, Sistem Penjualan, Kopi Nusantara


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.