Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Taxi Online Terbaik Menggunakan Metode AHP

AHMAD SINNUN, Nurmalasari Nurmalasari, Siti Nurajizah, Impin Atmaja

Abstract


Tranportasi umum memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian, beberapa bulan yang lalu fenomena Taxi Online sedang ramai di berbincangkan karena taksi sudah menjadi konsumsi utama para masyarakat perkotaan. Alasannya beragam, mulai dari tidak ingin repot mencari kendaraan umum lainnya, hingga ingin sampai di tempat tujuan dengan nyaman. Hadirnya beberapa taxi berbasis aplikasi ini, UberCar, GoCar, GrabCar, membuat para penggunanya kesulitan untuk menentukan pilihannya, karena beberapa faktor yang ditawarkan dari masing-masing aplikasi tersebut. Sistem pendukung keputusan (SPK) adalah sebuah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan secara akurat dan sesuai dengan sasaran yang diinginkan. Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dapat diterapkan dalam sistem pendukung keputusan pemilihan taxi online dengan menentukan prioritas utama dari beberapa kriteria serta alternatif yang ada untuk mengambil sebuah keputusan. Hasil perhitungan menggunakan AHP untuk menentukan prioritas pilihan sangat bergantung pada pemberian bobot nilai terhadap kriteria dan sub kriteria yang ada pada tahap penilaian kriteria dan sub kriteria yang akan menghasilkan nilai prioritas. Hasil akhir dari synthesize terhadap keputusan memberikan nilai dengan prioritas pertama terpilih untuk taxi online adalah Uber-Car dengan nilai skala score prioritas keputusan 0,451 dan disusul berikutnya oleh Taxi online Grab-Car dan Go-Car dengan masing-masing score prioritas keputusan 0,333 dan 0,216. Analisis akhir terhadap synthesize aplikasi taxi online jika dibandingkan dengan menggunakan expert choice memberikan kesimpulan keputusan yang sama terhadap prioritas keputusan

Full Text:

PDF

References


Amin, R. (2015). METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN INTERNET SERVICE PROVIDER. Jurnal Teknik Komputer, 1(1), 66–71.

Marimin, M. (2004). Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. PT. Grasindo, Jakarta.

Purwanto, H. (2016). PEMILIHAN APLIKASI TRANSPORTASI OJEK ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS. Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 2(1), 219–INF.

Saaty, T. L. (1990). Decision making for leaders: the analytic hierarchy process for decisions in a complex world. RWS publications.

Saaty, T. L. (1993). Pengambilan keputusan bagi para pemimpin. Jakarta, PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Santoso, S. (2010). Statistik parametrik. Elex Media Komputindo.

Sugiyono, D. R. (2000). Metode Penelitian. Bandung: CV Alvabeta.

Uma, S. (2006). Metodologi penelitian untuk bisnis. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.