IMPLEMENTASI LOAD BALANCING MENGGUNAKAN METODE PER CONNECTION CLASSIFIER (PCC) DENGAN FAILOVER BERBASIS MIKROTIK ROUTER (Studi Kasus PT. Sumber Rejeki Power)

Suryanto Suryanto, Teguh Prasetyo, Noer Hikmah

Abstract


Kebutuhan akan akses internet saat ini sangat tinggi, baik untuk mencari informasi, artikel maupun pengetahuan terbaru. Banyak instansi telah mengintegrasikan jaringan internet kedalam aktivitas sehari-hari dalam lingkugan tempat kerja. Manfaat yang diperoleh perusahaan dapat memperlancar kegiatan dengan mudah. PT. Sumber Rejeki Power merupakan instansi yang begerak dibidang manajemen building. Agar kinerja memanfaatkan jaringan komputer dapat dioptimalkan, maka perlu dirancang jaringan yang mampu menangani permasalahan koneksi yang padat dan lambat. Solusi yang akan digunakan diantaranya menggunakan dua ISP dan menjadikan mikrotik sebagai load balancer. Mekanismenya yaitu mikrotik akan menandai paket yang mengakses internet, memilih jalur ISP mana yang akan dilewatinya dan menyetarakan beban ISP. Pemilihan metode PCC dikarenakan metode tersebut memenuhi criteria karena dapatmeningkatkan kecepatan koneksi dan membagi beban pada kedua gateway agar tidak terjadi overload. Lalu penulis menerapkan pula teknik failover, yaitu dimana jika salah satu koneksi gateway sedang terputus, maka gateway lainnya otomatis akan menjadi backup dan menopang semua trafik jaringan.

Full Text:

PDF

References


Adani, M. F., Jusak, & Pratikno, H. (2016). Analisis Perbandingan Metode Load Balance PCC Dengan NTH Menggunakan Mikrotik. Journal of Control and Network Systems, 5, 119–125.

Arianto, E., Sholeh, M., & Nurnawati, E. K. (2014). Implementasi Load Balancing Dua Line ISP Menggunakan Mikrotik RouterOS (Studi Kasus Sistem Jaringan LAN di PT Wahana Semesta Bangka Babel POS). Jurnal Jarkom, 1, 1–10.

Siddik, M., Hendro, Y., & Azmi, Z. (2015). Load Balance Dan Pembagian Banwidthpada Jaringan Lan Menggunakan Mikrotik Router Board RB 750. SAINTIKOM, 14, 43–52.

Sumarno, E., & Hasmoro, H. P. (2013). Implementasi Metode Load Balancing dengan Dua Jalur (Study Kasus Jaringan Internet SMP Negeri 2 Karanganyar). Indonesia Jurnal on Networking and Security, 2, 28–34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.