Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Status Gizi Balita Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

MIA ROSMIATI, NUNUNG HIDAYATUN

Abstract


Pemberian gizi pada usia balita adalah faktor yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan, karena balita merupakan kelompok masyarakat yang rentan gizi. Gizi merupakan komponen pembangun tubuh dalam rangka mempertahankan dan memperbaiki jaringan-jaringan agar fungsi tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya. Berdasarkan pemantauan status gizi yang telah dilakukan mendasari pembuatan sistem pendukung keputusan penentuan status gizi balita dapat dikatakan sangat penting untuk penentuan kualitas SDM generasi penerus bangsa Indonesia. Sistem Pendukung Keputusan dapat memberikan alternatif solusi bila seseorang atau sekelompok orang sulit dalam menentukan keputusan yang tepat dan sesuai. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting dalam menentukan status gizi balita. Metode ini mampu untuk mengevaluasi alternatif optimal dari sejumlah alternatif berdasarkan kriteria – kriteria pengambilan keputusan. Adapun kriteria yang digunakan yaitu tinggi badan atau panjang badan, berat badan, umur dan indeks massa tubuh.


Full Text:

PDF

References


Almatsier, S. (2008). Prinsip dasar ilmu gizi.

Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, G., Fadlyana, E., & Rusmil, K. (2011). Hubungan Status Gizi dan Perkembangan Anak usia 1-2 Tahun. Sari Pediatri, 13(2), 142–146. Retrieved from http://saripediatri.idai.or.id/pdfile/13-2-10.pdf

Irianto, D. P. (2007). Panduan gizi lengkap

keluarga dan olahragawan. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusuma, H. S., Bintanah, S., & Handarsari, E. (2016). Tingkat Kecukupan Energi dan Protein pada Status Balita Pemilih Makan di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Semarang. The 3rd Universty Research Colloquium, 557–564.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Turban, E,. et al. 2007. Decision Support and Business Intelligence Systems (7th Edition). New Delhi : Pearson Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.