ANALISIS PERKEMBANGAN DAN PERAN INDUSTRI KREATIF UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN MEA 2015

Mahmud Syarif, Ayu Azizah, Ade Priyatna

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Analisis Perkembangan dan Peran Industri Kreatif Untuk Menghadapi Tantangan MEA 2015. Subsector yang merupakan industry berbasis kreatif adalah periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fesyen, video, film dan fotografi, permainan interaktif, music, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan computer dan piranti lunak, televise dan radio, riset dan pengembangan, tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan industry kreatif di Indonesia, dan mengetahui peran industry kreatif untuk menghadapi tantangan MEA 2015. Maka penelitian ini menyimpulkan Untuk kontribusi ekspor terbesar terjadi pada industri Periklanan. Sementara untuk pertumbuhan impor tertinggi dan terendah terjadi pada industri industri kerajinan dan pasar & barang seni, dan Secara umum, industri kreatif di Indonesia mempunyai peran yang cukup besar terhadap penyerapan tenaga kerja. Maka rekomendasi kebijakannya adalah bahwa perlu adanya dokumen profil industri kreatif di Indonesia, strategi pengembangan dan positioning industri kreatif Indonesia di pasar global.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.