ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA ILMU KOMPUTER TERHADAP KUALITAS PELAYANAN LABORATORIUM KOMPUTER UNIVERSITAS BINA DARMA

Febriyanti Panjaitan, Mari Ulfa

Abstract


Proses pendidikan dan pembelajaran memerlukan dukungan sarana dan prasarana yang memadai agar dapat berjalan dengan baik. Salah satu sarana pembelajaran yang dibutuhkan adalah laboratorium komputer. Universitas Bina Darma memiliki fasilitas pendukung dalam meningkatkan proses pelayanan belajar mengajar, dimana salah satu fasilitas yang diberikan yaitu laboratorium ilmu komputer. Untuk mengukur peranan laboratorium komputer terhadap kepuasan mahasiswa dalam mengembangkan proses pembelajaran, maka diperlukan pengukuran kualitas pelayanan sehingga dapat mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal. Dalam penelitian ini akan dilihat bagaimana kualitas pelayanan laboratorium komputer dalam meningkatkan kemampuan belajar mengajar berdasarkan kriteria yang menjadi tolak ukur adalah tangibles, realibility, responsiveness, assurance serta empathy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dan Analisis data dengan menggunakan perhitungan statistik deskriptif. Dari hasil analisis penelitian disimpulkan bahwa pelayanan laboratorium komputer secara keseluruhan masih tergolong baik dapat dilihat dari rata-rata 5 indikator pengukuran kualitas pelayanan yang terdiri dari 21 pertanyaan mendapatkan bobot nilai 284,5 menunjukkan bahwa pelayanan laboratorium komputer berada pada kategori baik. Namun dari penelitian ini juga terdapat temuan-temuan sehingga peneliti memberikan saran yaitu penambahan kecepatan akses internet dan mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana yang telah tersedia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.