ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PEMASARAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI SUKABUMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE EPIC MODEL

Susilawati Susilawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Sukabumi, dengan tujuan menganalisa dan menguji efektifitas promosi, mengetahui variabel yang paling efektif serta untuk mengetahui efektifitas promosi yang dilakukan perguruan tinggi swasta di Sukabumi, secara simultan dan parsial. Populasi pada penelitian ini adalah para mahasiswa yang berkuliah di PTS Sukabumi, Sampel diambil sebanyak dua ratus enam puluh enam orang. Metode yang digunakan dalam analisa data yaitu analisis deskriptif (tabulasi sederhana) dan uji simultan dan parsial (analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS windows versi 17). Berdasarkan hasil pengujian efektifitas promosi dengan EPIC Model, diperoleh hasil bahwa promosi yang diadakan di PTS Sukabumi cukup efektif (1,83), variabel emphaty, impact dan communication tergolong pada rentang skala cukup efektif(1,6 -2,4), sedangkan, variabel persuasion tergolong pada rentang skala tidak efektif(1,58). Hasil pengujian regresi linear berganda, uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat(5,78). Uji parsial (Uji t) menunjukkan Variabel Emphaty dan Communication berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih PTS(3,778 dan 2,18), sedangkan varabel Persuasion dan Impact tidak berpengatuh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih PTS (0,404 dan 1,375 < ttabel). Besarnya pengaruh yang ditimbulkan (R2) oleh variabel emphaty, persuasion, impact dan communication terhadap variabel keputusan mahasiswa dalam memilih PTS hanya berpengaruh sebesar 8%, sedangkan 92% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Karena nilai R Square dibawah 5% atau cenderung mendekati nilai 0 maka dapat disimpulkan kemampuan variabel-variabel independen dalam menjelaskan variasi variabel amat terbatas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.