MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS PROSES SORTING PART DENGAN MERUBAH SISTEM KERJA PADA AREA RECEIVING DI PART DISTRIBUTION CENTER PT XYZ

Iwan Tutuka Pambudi, Gerat Saputro

Abstract


Terdapat masalah sistem kerja yang tidak teratur di area receiving Parts Distribution Center PT XYZ Jakarta, misalnya yang tidak ergonomi saat proses sorting part yang mengakibatkan produktifitas dari operator tidak maksimal, lalu area kerja yang tidak rapi. Manajemen pergudangan bertujuan untuk mengontrol segala bentuk proses yang terdapat di gudang. Data kedatangan part yang telah selesai di proses pada area receiving dan telah diproses binning oleh tim incoming PDC PT XYZ Jakarta. Penerimaan barang dari Master
Parts Distribution Center dari bulan Februari sampai dengan bulan April khususnya dari KLTD merupakan part yang sering diproses pada area receiving. Berikutnya adalah merencankan penanggulangan dengan menggunakan aspek Man, Machine, Method, Environment. Aliran proses yang terjadi pada area receiving belum memiliki standar yang jelas, serta masih terlihat tidak rapi. Barang-barang yang tidak diproses berada di dalam area receiving, sehingga kapasitas tampung peti pada area tersebut berkurang. Selain itu akan dibuatkan
standar kerja dan layout area yang baru. Proses splitting binn slip langsung dikerjakan setelah proses print binn slip selesai dilakukan. Kegiatan splitting binn slip dibebankan kepada PIC incoming, sehingga proses pada area
receiving berkurang, dan waktu jalan operator berkurang. Dengan dibuatkan SOP, standarisasi layout yang baru, dan disediakan meja kerja pada area receiving maka sistem kerja yang ada dapat berubah lebih ergonomi, dan tidak ada lagi barang-barang yang tidak diproses berada pada area tersebut. Dengan adanya perbaikan produktifitas meningkat sebesar 12,5 % atau rata-rata 80 item/hari dari 640 item/hari menjadi 720 item/hari.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.