PENERAPAN E-MARKETING SEBAGAI SALAH SATU UPAYA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA PADA KOMUNITAS WIRAUSAHA MAHASISWA AMIK BSI PURWOKERTO

Imam Sholeh Ma'rifati

Abstract


Berwirausaha dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk mahasiswa. Melalui kewirausahaan seseorang
bisa lebih mandiri khususnya dalam memenuhi kebutuhan keuangannya. Berwirausaha selagi masih kuliah
memungkinkan mahasiswa dapat memperoleh penghasilan dari usahanya tanpa mengganggu perkuliahan yang
harus dijalankan. Oleh karena itu Amik Bina Sarana Informatika sangat mendukung kewirausahaan yang
dilakukan oleh mahasiswanya. Untuk maksud itulah Amik Bina Sarana Informatika membentuk BSI
Entrepreneur Center (BEC). Lembaga ini telah banyak melakukan kegiatan nyata guna mendukung mahasiswa
berwirausaha seperti pelatihan, seminar dan pameran (expo) kewirausahaan. Di Amik BSI Purwokerto telah
dibentuk komunitas wirausaha mahasiswa dibawah naungan BEC Amik BSI Purwokerto. Berdasarkan data per
Desember 2012 komunitas tersebut telah memiliki anggota sebanyak 37 mahasiswa. Bidang usaha yang mereka
jalankan antara lain usaha makanan ringan, penjualan pakaian, hand phone dan asesori, pengembangan
software, percetakan digital (digital printing) dan lain-lain. Kegiatan wirausaha yang dilaksanakan oleh
mahasiswa merupakan aset penting yang harus didukung agar berkembang dan nantinya dapat menjadi contoh
untuk mahasiswa lain bahwa berwirausaha dapat dijadikan alternatif pilihan profesi. Wirausahawan perlu
memperkenalkan usaha dan produk yang dihasilkan kepada pasar melalui kegiatan promosi. Dengan promosi
wirausahawan dapat menginformasikan produk mereka agar lebih dikenal, semakin luas pasar yang mengenal
usaha dan produk yang dihasilkan maka peluang usaha juga semakin besar. Pada umumnya mereka melakukan
promosi dengan menggunakan brosur, poster dan memperkenalkan dari mulut ke mulut serta ada pula telah
menggunakan internet. Penggunaan internet dalam mempromosikan usaha dan produk yang dihasilkan oleh
wirausaha mahasiswa Amik BSI Purwokerto masing sedikit. Padahal internet memiliki daya jangkau yang
sangat luas. Internet dapat digunakan sebagai sarana berpromosi yang efektif jika dimanfaatkan secara
optimal. Penggunaan internet juga tidak mahal. Banyak fasilitas gratis yang dapat diakses dan digunakan
untuk keperluan usaha. Untuk menyediakan sarana berpromosi di internet inilah komunitas wirausaha
mahasiswa perlu menyediakan sarana berupa situs web dimana para anggotanya dapat memposting profil
usaha yang dijalankan serta bertukar informasi. Pada kajian ini penulis mengembangan aplikasi web untuk
komunitas wirausaha mahasiswa sebagai wadah bagi mahasiswa yang memiliki usaha dalam mempromosikan
usaha dan produknya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.