PENGARUH PENGGUNAAN SOCIAL NETWORK SITES DALAM MENDUKUNG B2C (BUSINESS TO CUSTOMER) TERHADAP MOTIVASI KONSUMEN DALAM BERTRANSAKSI E-COMMERCE

Eva Argarini Pratama

Abstract


Perkembangan teknologi informasi sekarang ini, benar-benar sangat berpengaruh pada berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang ekonomi. E-commerce merupakan salah satu bukti penerapan perkembangan teknologi informasi pada bidang ekonomi. Dengan adanya e-commerce diharapkan suatu transaksi perdagangan dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan menghemat biaya. Namun jika tidak pandai dalam memilih media dalam melakukan transaksi e-commerce maka bisa jadi manfaat yang seharusnya didapat dari e-commerce tidak akan didapat. Salah satu media yang sekarang ini sedang ramai digunakan oleh pengguna internet adalah social network sites. Terlepas dari kelebihan yang dimiliki oleh social network sites ini. Perlu adanya suatu kajian yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan social network sites dalam e-commerce khususnya dalam ruang lingkup B2C (Business to Customer) dengan melibatkan beberapa variabel diantanya: Kualitas Informasi dari social network sites, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen, berpengaruh terhadap Motivasi Konsumen dalam bertransaksi menggunakan e-commerce. Selain itu menambahkan variabel moderating untuk pengkhususan kajian ini diantaranya jenis kelamin konsumen, umur konsumen, dan social network site yang digunakan konsumen. Metode pengolahan data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan memanfaatkan perangkat lunak AMOS 18.0. berdasarkan pengolahan data tersebut akan didapatkan suatu gambaran sejauh mana pengaruh dari penggunaan social network sites dalam memotivasi konsumen dalam melakukan transaksi ecommerce


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.