PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA DASAR BERBASIS KOMPUTER UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V

Ratnawati Ratnawati, Eni Heni H

Abstract


Matematika sering kali menjadi mata pelajaran yang dipandang sulit oleh para pelajar, khususnya bagi pelajar sekolah dasar. Padangan tersebut terjadi dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang sering terjadi adalah cara penyampaian materi yang kurang interaktif dan efektif. Hal tersebut akan terus berlanjut apabila pola pikir para pelajar tidak diubah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengubah persepsi para pelajar terhadap mata pelajaran matematika sehingga dapat menciptakan ketertarikan, setelah itu dapat meningkatkan kecepatan berhitung, memberikan kemudahan dalam belajar serta mengingat kembali pelajaran. Sedangkan metode penelitian yang digunakan meliputi analisa penelitian dengan menerapkan metode SDLC (System Development Life Cycle) dan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, studi pustaka serta olah data kuesioner. Hasil penelitian berupa implementasi aplikasi media interaktif yang terkomputerisasi dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengubah pola pikir yang selama ini terus terjadi. Kelengkapan aplikasi tersebut didukung dengan tata cara perhitungan yang berbeda dan lebih cepat, sehingga para pelajar selain merasakan ketertarikan pada pelajaran matematika juga dapat meningkatkan kecepatan berhitung. Dengan
adanya aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi yang dapat merubah pola pikir para pelajar tentang mata pelajaran matematika.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.