IMPLEMENTASI TQM DAN STRATEGI E BISNIS DALAM OPTIMALISASI PENJUALAN E TOLL CARD

Fathur Rohman

Abstract


PT. Jasa Marga Pesero adalah salah satu BUMN yang mengelola jalan tol di dalam dan luar kota
Jakarta. Pengguna jalan tol dari tahun ke tahun jumlahnya semakin meningkat seiring dengan makin
meningkatnya jumlah kendaraan. Kemacetan di pintu tol pun tidak bisa dihindari setiap harinya, hal ini
menyebabkan para pengguna jalan tol merasa kecewa dengan pengelolaan jalan tol tersebut. Atas dasar inilah
PT. Jasa Marga Bekerja saman dengan Bank Mandiri menerbitkan E Toll Card. Tujuannya jelas untuk
mempercepat transaksi di pintu tol sehingga mengurangi kemacetan dan mempermudah pelanggan dalam
membayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penjualan E Tollcard dengan menerapkan konsep
Total Quality Management dan Strategi E Bisnis.Konsep TQM yang dikembangkan ada beberapa sudut
pandang salah satunya adalah faktor Quality diamana PT. Jasa Marga dan Bank Mandiri harus memperhatikan
qualitas layanan dan produk E Toll Card serta Strategi E bisnisnya dengan memperhatikan peranan IT.
Dengan merujuk Data-data transaksi pengguna di jalan tol yang dikelola BUMN tersebut dan starategi yang
penulis usulkan, diharapkan penggunaan E Toll Card dapat maksimal. Sehingga dapat meningkatkan kepuasan
pelanggan yang pada akhirnya dapat mengoptimalkan penjualan E Toll Card.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.