Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Pelumas Enduro PT. Repan's Utama Jaya, Jakarta

Rika Sulistiwati, Andrie Kurniawan

Abstract


Semakin meningkatnya persaingan usaha, maka yang menjadi tonggak majunya perusahaan terletak pada bagian pemasaran. Perusahaan akan lebih waspada dalam menghadapi persaingan sehingga harus mampu menciptakan strategi promosi yang kreatif dalam memasarkan produk agar dapat menggembangkan dan mempertahankan barang yang mereka jual dipasaran dan untuk menetukan hasil yang diinginkan pula.Dalam penelitian ini penulis memfokuskan kepada seberapa besar pengaruh dari sebuah kegiatan promosi terhadap penjualan pelumas enduro PT.Repan’s Utama Jaya, Jakarta. Periode data diambil pada tahun 2015,dengan responden karyawan PT. Repan’s Utama Jaya yang dijadikan populasi dan sample penelitian, skala Guttman dimana populasi 30 sama dengan responden 30 karyawan.  Metode yang dilakukan dalam penelitian ini dengan metode observasi, wawancara dan kuesioner serta studi pustaka. Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap penjualan pelumas enduro yaitu dengan metode Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, dan Regresi Linear Sederhana sehingga dapat diketahui tindakan dan pemecahannya. Berdasarkan olah data yang didapat penulis berikut ringkasan hasil penelitian, bahwa nilai Koefisien Korelasi sebesar r = 0,778 yang berarti promosi yang dilakukan mempunyai pengaruh terhadap penjualan pelumas enduro pada PT Repan’s Utama Jaya. Hasil perhitungan Koefisien Determinasi berkontribusi sebesar KD = 60,5% dan sisanya 39,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, dan hasil perhitungan Regresi Linear Sederhana sebesar Y = 3,425+0,659X artinya jika X naik atau turun 1 angka maka akan menaikan atau menurunkan sebesar 0,659. Sebaiknya perusahaan  menciptakan konsep baru yang berbeda dan unik dalam melakukan promosi agar pelumas enduro lebih dikenal lagi.


Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip, dan kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2

Alma, Buchari 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Rosvita Dua Lembang. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dlama Kemasan Merek Teh Botol Sosro. Online

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 2, Edisi Ketiga Belas. Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta. Penerbit Erlangga

Majalah SWA 10/XXVI/12/Mei 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.