EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI TEH BOTOL SOSRO TAWAR VERSI NATURAL DAN FRESH DENGAN DIRECT RATING METHOD (DRM)
Abstract
Abstrak - Iklan memiliki peran penting untuk menunjang kegiatan dan pencapaian tujuan pemasaran suatu produk. Namun permasalahan yang sering ditemukan adalah pesan yang disampaikan dalam iklan tidak mampu untuk menarik perhatian, tidak merangsang konsumen untuk mencari lebih jauh tentang produk, pesan sulit untuk dipahami, kurang menggugah perasaan dan emosi, dan tidak memiliki kemampuan mengarahkan perilaku calon konsumen untuk pembelian produk. Untuk itu diperlukan adanya evaluasi terhadap efektivitas pesan iklan baik sebelum dan sesudah penanyangan pada suatu media. Iklan yang dengan baik menyampaikan pesan kepada target sasarannya tentu akan efektif berdampak pada tingkat pemasaran produk. Dalam penelitian ini iklan televisi Teh Botol Sosro Tawar versi natural dan fresh di evaluasi efektivitasnya dengan menggunakan metode penentuan peringkat langsung atau direct rating method (DRM). Penelitian melibatkan sampel penelitian sebanyak 98 orang mahasiswa Akademi komunikasi BSI Jakarta. Hasilnya iklan Teh Botol Sosro Tawar versi natural dan fresh mendapat skor total nilai DRM 69.32, artinya iklan tersebut masuk dalam skala iklan yang dapat menyampaikan pesan dengan baik atau efektif.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.