Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna Elearning dengan Menggunakan End User Computing (EUC) Satisfaction Studi Kasus: Akademi Bina Sarana Informatika

Indah Purwandani

Abstract


Penerapan  Elearning pada saat ini terbukti tidak hanya menjadi trend di dunia pendidikan, Elearning menjadi suatu kebutuhan yang mendukung terselenggaranya pembelajaran diberbagai lembaga pendidikan. Elearning memungkinkan terselenggaranya kegiatan pembelajaran kapanpun dan dimanapun. End User Computing Satisfaction (EUCS) adalah metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan dari pengguna suatu sistem aplikasi dengan membangingkan antara harapan dan kenyataan dari sebuah sistem informasi. Dalam penelitian ini diukur 5 indikator EUCS yang akan menentukan tingkat kepuasan pengguna Elearning yaitu isi, akurasi, bentuk, kemudahan dalam penggunaan dan ketepatan waktu. Dari kelima indikator tersebut dapat dilihat bagaimana tingkat kepuasan pengguna Elearning pada Akademi Bina Sarana Informatika. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengukur dimensi-dimensi yang mempengaruhi penerapan Elearning. Teknik pengambilan sampel pada penelitian kali ini adalah sampel random. Penelitian ini masih memiliki beberapa keterbatasan dan perlu dilakukan kajian lebih lanjut dengan memasukan variabel baru yang memiliki hubungan terkait dengan penyelenggaraan Elearning sehigga dapat mengasilkan gambaran tingkat kepuasan penyelenggaraan Elearning yang lebih tepat.


Full Text:

PDF

References


Andrian, R. (2011). DESAIN APLIKASI E-LEARNING SEBAGAI MEDIA, 4(40), 316–330.

Hariyanti, E., & Purwanti, E. (2017). Pengukuran E-Learning Readiness Untuk Mendukung Keberhasilan Pengembangan E-Learning ( Studi Kasus : Fst-Universitas Airlangga ), (August).

Hidayati, N. (2010). SISTEM E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR : STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG, 2(2), 153–170.

Majalengka, U., & Sopiandi, I. (2017). Kepuasan Pengguna Media Aplikasi Interaktif Berbasis E - Learning Di, 3(2), 59–64.

Ngurah, I. G., Wijaya, S., & Suwastika, I. W. K. (2017). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA ELEARNING MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION, 558–562.

Pratama, J. G., Kom, S., Kom, M., Yadi, I. Z., & Kom, M. (n.d.). ANALISA SISTEM INFORMASI ENTRI KRS ONLINE PADA UNIVERSITAS BINA DARMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING ( EUC ) SATISFACTION, 1–15.

Purwandani, I. (2017). Analisa Tingkat Kesiapan E-Learning (E-Learning Readiness) Studi Kasus: AMIK Bina Sarana Informatika Jakarta. Bianglala Informatika, 5(2). Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/2976

Sekundera, C. (2006). MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN END USER COMPUTING SATISFACTION TERHADAP PENERAPAN Nama : NIM : Charlesto Sekundera P . L PROGRAM STUDI MAGISTER SAINS AKUNTANSI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO DESEMBER 2006 Tesis berjudul END USER.

Suzanto, B., & Sidharta, I. (2015). PENGUKURAN END-USER COMPUTING SATISFACTION ATAS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK, 9(1), 16–28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.