Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Metode Kontrasepsi Menggunakan Algoritma Naive Bayes

Rizal Amegia Saputra, Asep Ruslan Taufik, Lis Saumi Ramdhani, Renny Oktapiani, Eva Marsusanti

Abstract


Kontrasepsi adalah alat untuk mencegah kehamilan,kurangnya pengetahun tentang metode kontrasepsi menyebabkan pasangan usia subur menggunakan  kontrasepsi yang tidak sesuai dengan kondisi tubuhnya atau bahkan tidak menggunakan kontrasepsi. Sistem Pendukung Keputusan dengan algoritma Naive Bayes adalah sebuah pengklasifikasian probabilistik sederhana yang menghitung sekumpulan probabilitas dengan menjumlahkan frekuensi dan kombinasi nilai dari dataset yang diberikan, dinilai berpotensi baik dalam mengklasifikasikan dokumen dibandingkan dengan metode pengklasifikasian lain dalam hal akurasi dan efisiensi untuk menentukan jenis alat atau obat kontrasepsi yang akan digunakan, maka perlu data yang harus di input yang terdiri dari faktor jenis kelamin, usia istri, alat kontrasepsi, jangka waktu, jumlah anak, usia anak terakhir dan faktor kesehatan lainya. Pada akhirnya diharapkan sistem ini akan memberikan solusi bagi pasangan usia subur yang ingin ber KB

Full Text:

PDF

References


Aprilla, C. D., Baskoro, D. A., Ambarwati, L., & Wicaksana, I. W. (2013). Belajar Data Mining dengan Rapid Miner. Jakarta: Open Content model.

Bentley , L. D., & Whitten, J. L. (2007). System Analysis and Design for the enterprise Seventh Edition. New York: McGraw-Hill.

BKKBN. (1995). Akseptor keluarga berencana. Jakarta: Hafara Printing.

Danuri, M. (2009). Object Oriented Programming (OOP) Pembangunan Program Aplikasi Berbasis windows. Jurnal INFOKAM, 40-47.

Darmawati. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wanita Usia Subur Memilih Kontrasepsi Suntik. Idea Nursing Journal, 153-158.

Fathansyah. (2012). Basis Data. Bandung: Informatika.

Frieyadei. (2007). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jananto, A. (2013). Algoritma Naive Bayes untuk Mencari Perkiraan Waktu Studi Mahasiswa. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 9-16.

Kementrian Kesehatan RI. (2012). Pedoman Pengendalian Infeksi Saluran Pernapasan akut. Jakarta: Direktori Jendral Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan.

Kreibich, J. A. (2010). Using SQLite. United States of America: O’Reilly Media Inc.

Kusrini. (2006). Sistem Pakar “Teori dan Aplikasinya”. Yogyakarta: Andi.

Kusrini, & Koniyo, A. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic & Microsoft SQL server. Yogyakarta: Andi.

Laksono, B. (2013). Aplikasi Jadwal Transportasi Kereta Api Di Pulau Jawa Berbasis Android. Jurnal Transit IT, 115.

Nurdianti, S. R. (2014). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR HAMBATAN KOMUNIKASI DALAM SOSIALISASI PROGRAM KELUARGA BERENCANA PADA MASYARAKAT KEBON AGUNG-SAMARINDA. eJournal lmu Komunikasi, 145-159.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.