Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online Di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia)

Ayu Azizah, Popon Rabia Adawia

Abstract


Pada era disruptif saat ini, perkembangan teknologi berkembang sangat pesat sehingga mendorong penciptaan inovasi yang baru dan pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu. Salah satu industri yang sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat saat ini adalah dalam bisnis transportasi berbasis online. Seiring dengan berjalannya waktu saat ini perusahaan PT Gojek Indonesia sebagai perusahaan pertama dibidang transportasi online telah berkembang dengan pesat, sehingga peniliti tertarik untuk menganalisa perkembangan industri transportasi online di era disruptif saat ini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif. Inovasi disruptif menjadi hal yang harus dimiliki bagi semua industry saat ini. Tidak terkecuali dalam industri transportasi online pun inovasi disruptif memiliki peran yang sangat penting. Agar dapat tetap tumbuh, bersaing dan survive dalam industri. Dalam industry kreatif seperti ini segalanya masih bisa terjadi. Pemain utama yang sudah menjadi market leader dan memiliki jumlah modal raksasa bisa-bisa saja terjungkal terhadap pemain baru yang paling disruptif dan memberikan value yang paling penting diinginkan atau dibutuhkan para user. 


Full Text:

PDF

References


Hamid, Edy Suandi. 2017. Disruptif Innovation: Manfaat dan Kekurangan Dalam Konteks Pembangunan Ekonomi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Khasanah, Nur Alifah dan Maria Apsari Sugiat. 2016. Strategi Desain Call Jack dan Implementasinya Pada Media Visual. E-Proceeding of Art and Design : Vol.3, No.3 Desember 2016.

Munawar, Ahmad. 2007. Pengembangan Transportasi yang Berkelanjutan. Universitas Gajah Mada.

Oakey, R. P. 2015. Schumpeterian economics: some observations on the relevance of his theoretical contributions to the management of industrial research and development. RADMA and John Wiley & Sons Ltd, 386-398.

Wahyusetyawati, Endang. 2017. Dilema Pengaturan Transportasi Online. Jurnal RechtsVinding. ISSN 2089-9009.

Badan Pusat Statistik. 2018. Perkembangan jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis. www.bps.go.id. Tanggal akses 28 Mei 2018 Pukul 17.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.