Efektivitas Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Kerja Karyawan PT. Hillconjaya Sakti Jakarta

Nurmalasari Nurmalasari, Sari Hartini, Cep Adiwihardja, Muniroh Muniroh

Abstract


Absen adalah ketidakhadiran karyawan saat yang bersangkutan dijadwalkan bekerja. Dalam dunia kerja, pada sektor apapun, demi meningkatkan performa dan kinerja karyawan yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan hasil baik dari segi kualitas maupun kuantitas, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah kedisiplinan. Disiplin menjadi tolak ukur keberhasilan suatu organisasi/perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas penerapan absensi fingerprint terhadap disiplin kerja karyawan PT. Hillconjaya Sakti Jakarta. Peneliti menggunakan metode kuantitatif sebagai metode penelitian ini dan mengambil 30 orang karyawan secara random sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Berdasarkan hasil perhitungan bahwa hubungan yang terjadi antara variabel X (Absensi Fingerprint) dengan variabel Y (Disiplin Kerja) adalah sebesar r = 0,517. Dapat disimpulkan bahwa Absensi Fingerprint berhubungan secara positif terhadap Disiplin kerja karyawan dengan derajat hubungan korelasi sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis parsial (uji F) diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,003 < 0,005 dan nilai Fhitung 10,222 > Ftabel 4,18, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh absensi fingerprint (X) terhadap disiplin kerja (Y).

 


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sedarmayanti. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung : PT. Refka Aditama.

Sondang P, Siagian. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Abdillah, A. C. (2011). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kompensasi Dengan Kinerja Pegawai. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 1-11.

Soegandhi, V. M. (2013). Pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas kerja terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim. Agora, 808-819.

Swarjana, I. K. (2012). Metodologi penelitian kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utomo, D. (2008). Pengaruh Jaminan Sosial, K3 Dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Semangat Kerja Karyawan Pada Dinas Pekerjaan Umum Di Boyolali . Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.