PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF EDUKATIF MENGENAL RAMBU-RAMBU LALU LINTAS UNTUK SISWA TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS: TK PADINDI, JAKARTA UTARA)

Wulan Dari

Abstract


Animasi interaktif merupakan media pembelajaran yang cukup populer saat ini. Penyampaian yang lebih interaktif dan berwarna serta memiliki nilai seni dan kreatifitas tinggi dalam penyampaian materi, menjadikan pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan menyampaikan informasi secara manual. Pembuatan animasi interaktif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran disini adalah untuk mengenalkan tata tertib berlalu lintas kepada siswa taman kanak-kanak. Dalam memenuhi target pemahaman siswa terhadap informasi yang disampaikan, dibuat beberapa bagian/scene tahapan. Bagian-bagian tersebut adalah bagian mari belajar, latihan yuk, dan mari bermain. Dalam perancangan animasi interaktif ini penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan cara mengumpulkan data–data yang akan diolah dan dibuat suatu rumusan sehingga akhirnya sampai pada suatu kesimpulan bahwa siswa/siswi pada TK. Padindi, Jakarta Utara lebih menyukai belajar dengan menggunakan animasi interaktif dibandingkan dengan buku, siswa/siswi akan lebih cepat memahami tentang rambu–rambu lalu lintas, dan belajar jadi lebih menyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Binanto, Iwan. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Andi. Yogyakarta.2007.

Darma, S., Jarot, Sheina Ananda. Buku Pintar Menguasai Multimedia. Mediakita. Jakarta. 2009.

Raharja, Untung. Jurnal CCIT. Vol 3 No. 2. Hlm 187. 2010.

Ramadhan, Arief, Taufik Muhlis, Panjhi Betha Yugara, Devi Juniati Br Tarigan, dan Nuraini Mustika Sari. 36 Jam Belajar Komputer 3D Studi Max 7. Elex Media Komputindo. 2006.

Suheri, Agus. Animasi Multimedia Pembelajaran. Volume 2 No. 1 Periode Juli–Desember 2006: 27–33. 2006. Diambil dari http://physicmaster.orgfree.com/Artikel%20%26%20Jurnal?Inovasi%20Dalam%20Pendidikan/Animasi%20Multimedia%20Pembelajaran.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.