PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE UNTUK PENERAPAN MANAJEMEN INOVASI MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK PADA PUSAT PENELITIAN TENAGA LISTRIK DAN MEKATRONIK LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA

Hanhan Hanafiah Solihin

Abstract


Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2 TELIMEK) adalah salah satu satuan kerja di kedeputian bidang ilmu pengetahuan teknik pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), yang bertugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, penyesuaian pedoman, pemberian bimbingan teknis, penyusunan rencana dan program pelaksanaan penelitian bidang tenaga listrik dan mekatronik serta evaluasi dan penyusunan laporan. Pada proses bisnis untuk pengembangan dan pengelolaan inovasi penelitian, P2 TELIMEK-LIPI belum memiliki sistem informasi yang mengelola inovasi yang telah dilakukan atau sedang dikembangkan, sehingga peneliti berikutnya kurang mendapatkan informasi tentang penelitian apa saja yang sudah dilakukan atau yang sedang dikembangkan di P2 TELIMEK-LIPI dan informasi tentang pengelolaan inovasi tersebut tidak sepenuhnya terpantau langsung oleh kepala pusat penelitian. Selain itu pengembangan dan pengelolaan inovasi P2 TELIMEK-LIPI, infrastruktur aplikasi serta teknologi masih terbatas dan tidak adanya rancangan enterprise architecture yang menjabarkan kebutuhan data, aplikasi dan teknologi. Dalam proses perancangan enterprise architecture, metodologi yang dipakai adalah metodologi Enterprise Architecture Planning dan untuk framework dalam merancang arsitektur enterprise menggunakan pendekatan Zachman framework yang mencakup empat baris yakni scope, business model, system model dan technology model. Dan tiga kolom yakni data (what), function (how) dan network (where). Dari hasil perancangan enterprise architecture telah menghasilkan blueprint enterprise architecture, dimana blueprint tersebut telah menjabarkan kebutuhan data, aplikasi dan teknologi yang dapat diterapkan dan dijadikan pedoman pendukung pengembangan manajemen inovasi dan menghasilkan rekomendasi aplikasi dan roadmap rencana implementasi aplikasi, sebagai rekomendasi awal tahap implementasi sistem informasi yang dapat mendukung manajemen inovasi pada P2 TELIMEK-LIPI.

Full Text:

PDF

References


HM .Jogiyanto, Analisis Dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur, Teori Dan Praktik Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Andi, 2005.

Janner Simarmata, Perancangan Basis Data, Yogyakarta: Andi, 2007.

Kridanto Surendro, Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi, Bandung: Informatika, 2009.

Lena Ellitan & Lina Anatan, Manajemen Inovasi Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia, Bandung: Alfabeta, 2009.

Muharam, A, Organizational Review (Studi Kasus: P2 Telimek-LIPI), Institut Teknologi Bandung: Bandung, 2009.

Porter, Michael E, Competitive Advantage : Creating and Sustaining Superior Performance, New York : The Free Press, 1985.

Spewak, Steven H,. Hill, Steven C, Enterprise

Architecture Planning : Developing a Blueprint of Data Application and Technology, New York: John Wiley and Sons, Inc, 1992.

Vemmie Diana Koswara, Dimensi Non-Teknologi Sistem Inovasi, Jakarta: Asdep budaya dan etika iptek, 2012.

White, Stephen A, Introduction To BPMN. IBM Corporation, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.