EFEKTIFTAS PROMOSI DALAM MENGKOMUNIKASIKAN WISATA DI DKI JAKARTA

Irmayanti Irmayanti, Jentri Riana, Dhian Tyas Untari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas slogan pariwisata DKI Jakarta yaitu DKI Jakarta dan mengetahui media promosi apa yang sering digunakan oleh wisatawan untuk mengakses pariwisata di sebuah destinasi wisata dengan menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan sample sebanyak 30 orang yang diambil secara random dari 7 tempat wisata unggulan di DKI Jakarta. Metode analisis yang digunakan dimana disesuaikan dengan tujuan penelitian maka untuk menjawab efektifitas slogan “Enjoy Jakarta” dalam mempromosikan pariwisata DKI Jakarta maka peneliti menggunakan metode EPIC. Sedangkan untuk mengetahui media promosi apa yang sering digunakan oleh wisatawan untuk mengakses pariwisata di sebuah destinasi wisata, peneliti mengunakan metode desktiptif dimana peneliti akan melihat jumlah terbanyak media yang dipilih oleh wisatawan. Hasil dari penelitian adalah bahwa slogan “enjoy Jakarta” sudah cukup efektif dalam merepresentasikan wisata di DKI Jakarta. Sedangkan media yang yang paling banyak diakses oleh wisatawan dan calon wisatawan adalah melalui situs internet, liputan televisi (publikasi). liputan dari media cetak, adanya tawaran diskon, tawaran bonus lalu liputan di radio dan melalui katalog. Sedangkan media sponsorship, telemarketing, kios, surat langsung dan presentasi kurang dapat efektif untuk mengkomunikasikan sebuah destinasi wisata. Karena wisatawan maupun calon wisatawan jarang mengakses media tersebut. Dengan demikian hasil penelitian diharapkan dapat menjadi refernesi bagi pengembangan promosi wisata di DKI Jakarta.
Keyword


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.