KINERJA DAN PELAYANAN KARYAWAN FRONT OFFICE SALAH SATU PENGARUH PADA KEPUASAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA KOTA SUKABUMI

Fitri Yudiaty

Abstract


Mahasiswa adalah konsumen utama di perguruan tinggi yang perlu diberikan prioritas pertama terutama dalam hal suatu pelayanan, apabila mahasiswa disini merasa bahwa pelayanan yang diberikan dirasa kurang memuaskan maka akan memberikan dampak pada nilai ketidakpuasan. ketidakpuasan dapat berdampak pada tuntutan atau keluhan. mahasiswa lebih senang mendiskusikan rasa ketidakpuasannya terhadap kinerja dan pelayanan dengan hanya membicarakannya diantara para mahasiswa itu sendiri ketimbang melaporkannya kepada pihak lembaga, hal ini dikarenakan mungkin dari iklim atau kultur perguruan tinggi swasta tersebut yang kurang terbuka atau memang dari ketidaktahuan mahasiswanya dalam menyampaikan rasa keluhannya. metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian non probability sampling dengan teknik analisisnya purposive sampling, populasi dalam penelitian ini yaitu 269 responden, menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja dan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa hal ini terbukti dengan nilai thit untuk kinerja adalah sebesar 165.299 dan nilai ttab (dk = 269-2-1 = 266, α = 5%) =1.980, sehingga thit > ttab (165.299 > 1.980) dan berdasarkan hasil analisis tersebut diketahui bahwa ha diterima, artinya bahwa kinerja dan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.