MODEL STRUKTURAL MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK DI KOTA BOGOR

Mumuh Mulyana, Ratih Puspitasari

Abstract


Setiap tahun SMK meluluskan ribuan siswanya. Sebagian lulusan berupaya memasuki dunia kerja. Di sisi lain, lapangan pekerjaan tidak seiring linier dengan jumlah lulusan tersebut sehingga setiap tahun terjadi peningkatan angka pengangguran. Berwirausaha menjadi pilihan alternatif yang berpotensi tinggi bagi para lulusan SMK untuk meraih kesuksesan pasca menempuh pendidikannya di SMK. Menjadi penting untuk mengetahui secara dini tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan minat berwirausaha di kalangan siswa SMK sehingga proses pembinaan dan pembelajarannya dapat dilakukan secara benar, terarah dan optimal.
Faktor-faktor pembentuk Minat Berwirausaha Siswa SMK terdiri dari Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Penelitian ini menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor yang dominan mempengaruhi pembentukan minat berwirausaha siswa SMK. Data dari 440 siswa SMK di Kota Bogor diolah menggunakan software SmartPLS 2.0M.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Faktor Kepribadian dan Faktor Lingkungan berpengaruh langsung terhadap terbentuknya Minat Berwirausaha para siswa SMK di Kota Bogor. Faktor Demografis tidak berpengaruh secara nyata terhadap minat berwirausaha. Faktor Kebutuhan akan Prestasi dan Efikasi Diri berpengaruh nyata secara tidak langsung melalui faktor Kepribadian terhadap minat berwirausaha. Demikian pula dengan Faktor Kepemilikan Jaringan Sosial, secara tidak langsung berpengaruh nyata terhadap minat berwirausaha. Faktor Lingkungan merupakan faktor yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap minat berwirausaha. Diperlukan pengembangan model lebih lanjut agar dapat memberi gambaran yang lebih utuh dan komprehensif tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya minat berwirausaha para siswa SMK.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.