PERAN PEMERINTAH DKI JAKARTA DALAM MEMPROMOSIKAN UKM KERAJINAN ASLI DAERAH UNTUK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) 2015

Shanti Oktariana, Anggi Puspitasari, Nurdiana Handayani, R. Mochamad Tirta Afani Aridha

Abstract


Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau Asean Economic Community (AEC) yang merupakan kesepakatan negara-negara ASEAN dalam meningkatkan kerjasama bidang perekonomian akan diberlakukan pada 31 Desember 2015. Bentuk kerja sama ini bertujuan agar terciptanya aliran bebas barang, jasa, dan tenaga kerja terlatih, serta aliran investasi yang lebih bebas.Indonesia yang merupakan salah satu negara yang ikut ambil bagian dalam MEA 2015 memiliki potensi dan peluang yang besar untuk meningkatkan perekonomian nasional. Pemerintahan di DKI Jakarta merupakan wilayah yang berperan besar dalam meningkatkan perekonomian negara Indonesia. Salah satu sektornya adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini membuat pemerintah DKI Jakarta semakin mengencarkan produk-produk kerajinan khas Betawi melalui UMKM guna membuat kerajinan khas Jakarta semakin dikenal.
Guna mendukung pemerintah DKI Jakarta dalam meningkatkan perrtumbuhan ekonomi khususnya pada sektor industri UMKM, maka dibutuhkan adanya pemasaran dengan menggunakan 4 bauran pada pemasaran yaitu (produk, harga, promosi, dan tempat) kemudian dari segi regulasi, serta strategi promosi dengan menggunakan website.Komponen–komponen tersebut akan sangat membantu UKM guna meningkatkan produksi serta kesiapan masyarakat menghadapi MEA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.