ANALISIS PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA BANK INDONESIA, INFLASI, KURS RUPIAH TERHADAP DOLLAR AMERIKA TERHADAP INDEK HARGA SAHAM GABUNGAN (Studi Kasus: IHSG Di BEI Periode 2003-2012)

Yohanes Jhony Kurniawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel Tingkat Suku Bunga SBI, Inflasi, Kurs Rupiah terhadap IHSG. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda yang dilakukan dengan SPSS 16. Salah satu syarat untuk melakukan uji analisis berganda
perlu dilakukan uji asumsi klasik. Hal ini diperlukan agar persamaan regresi yang dihasilkan bersifat BLUE; Best, Linear, Unbiased, Estimator). Selain itu untuk menilai goodness of fit suatu model dilakukan uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Penelitian ini menggunakan data bulanan dari tahun 2003-2012 untuk setiap variabel penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel sbi, Inflasi, Kurs Rupiah terhadap dollar Amerika tidak berpengaruh terhadap IHSG. Sedangkan secara simultan seluruh variabel berpengaruh terhadap IHSG. Selain itu diperoleh bahwa nilai adjusted R square adalah 16,8% Ini berarti 16,80 % pergerakan IHSG dapat diprediksi dari pergerakan ketujuh variabel independen tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.