PENERAPAN ANIMASI EDUKASI MENGENAL TAJWID & HURUF HIJAIYAH UNTUK SISWA SEKOLAH DADAR

Dian Gustina, Sulistianto SW, Fajar Raditya

Abstract


Pemahaman dalam membaca Al Qur’an bagi umat Islam di Indonesia merupakan suatu hal yang wajib dikuasai. Pembelajaran sejak usia dini dilakukan para orang tua secara langsung maupun tak langsung dengan mengajarkan cara membaca huruf Arab, sebagai bagian dari pelaksanaan dalam menjalankan keyakinan agamanya. Pada kenyataannya sebagian anak usia Sekolah Dasar masih banyak yang belum memahami cara membaca Al Qur’an terutama bacaan tajwid & huruf hijaiyah dikarenakan kurangnya pembinaan baik di Rumah maupun di Sekolah. Untuk dapat mempermudah anak usia Sekolah Dasar dalam mengenal Tajwid & huruf hijaiyah, maka dirancang Animasi Edukasi mengenal tajwid dan huruf Hijaiyah secara standar dengan menggunakan Multimedia. Dengan pembuatan Animasi Edukasi ini diharapkan dapat menambah alat bantu dalam proses belajar mengajar yang dibutuhkan dalam Model Pembelajaran Tajwid dan Huruf Hijaiyah, selain metode mengajar yang ada selama ini.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.