RANCANG BANGUN WEBSITE ECOMMERCE MENGGUNAKAN METODE BERORIENTASI OBJEK PT. BERSAMA MULTI KREASI

Deddy Hidayat, Siti Nurochmah, Susilawati Susilawati, Ahmad Sopian

Abstract


Rancang bangun sistem informasi ecommerce pada PT. Bersama Multi Kreasi merupakan salah satu bentuk pengembangan terhadap sistem dalam teknologi informasi guna meningkatkan kualitas layanan informasi, mendistribusikan informasi sekaligus penjualan produk kepada konsumen. Hal ini merupakan salah satu bentuk bukti bahwa teknologi informasi telah mempengaruhi kinerja organisasi, institusi maupun perusahaan, baik pendidikan, jasa apalagi bisnis. Tingginya mobilitas konsumen akhir-akhir ini menyebabkan daya akses dan response time dalam sistem informasi semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah semacam istilah “jemput bola” kepada konsumen untuk mempermudah akses konsumen tidak hanya dalam mengenal produk sampai kepada kemudahan akses termasuk penjualan produk itu sendiri. Metodologi penelitian yang penulis gunakan yaitu metodologi berorientasi objek yaitu Unified Approach (UA) dikemukakan oleh Bahrami (1999) yang terdiri dari tahapan-tahapan Object Oriented Analysis (OOA) dan Object Oriented Design (OOD)
serta menggunakan Unified Modelling Language (UML) untuk memodelkan sistem. Tahapan yang dilakukan antara lain, identifikasi actor, usecase diagram, activity, state machine dan class diagram untuk menggambarkan database, rancang layar dan layout tampilan program. Hasil dari penelitian ini diharapkan
dapat menjadikan sistem yang berjalan menjadi lebih efektif dan efisien baik dari sisi pemilik atau perusahaan maupun konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.