ANALISA E-LEARNING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMUNIKASI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Wensi R L. Paat, Suyoto Suyoto, Kusworo Anindito

Abstract


Pendidikan merupakan ujung tombak dalam membentuk insan yang cerdas dan kompetitif sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, pendidikan merupakan salah satu bidang yang sudah tersentuh oleh
revolusi teknologi informasi dan komunikasi tersebut. e-Learning adalah salah satu revolusi di bidang pendidikan berbasis teknologi internet yang diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pengembangan sistem pendidikan yang lebih efektif dan efisien dengan biaya yang lebih rendah di masa mendatang.
Dalam keseharian proses belajar mengajar di Prodi PTIK FATEK UNIMA secara umum masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional, oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisa struktur dan konten e-Learning yang tepat di Prodi PTIK FATEK UNIMA dengan menggunakan metode penelitian
kepustakaan dan metode penelitian dan pengembangan yang didalamnya terdiri dari metode wawancara, pengamatan berpartisipasi, dokumentasi, serta metode pengumpulan data dengan alat-alat elektronis. Dari analisa yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa e-Learning yang akan dikembangkan adalah e-
Learning yang dapat mengisi kekurangan-kekurangan sistem pembelajaran konvensional yang ada seperti pengunduhan materi, pemberian danĀ  pengumpulan tugas, pelaksanaan ujian, penyaluran informasi serta fasilitas forum baik itu forum umum maupun forum khusus bidang studi yang kesemuanya itu dapat di akses secara online.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.