SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN TUMBUH KEMBANG BALITA PADA POSYANDU MENGGUNAKAN METODE Z SCORE BERBASIS WEB (Studi Kasus : Posyandu Durian 8 Kel. Subangjaya Kota Sukabumi)

En en Nuraeni, Rusda Wajhillah, Denny Pribadi

Abstract


Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan untuk mengetahui adanya gangguan pertumbuhan balita sejak dini (Rahmadiliyani dan Maililiyanie, 2012:160-161). Balita termasuk kelompok yang rentan gizi di suatu kelompok masyarakat (Natalia dkk, 2013). Kepedulian terhadap kesehatan balita, baik itu berupa penyuluhan maupun pelayanan adalah salah satu program dari Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan pelayanan berbasis masyarakat (Hidayat dan Jahari, 2012:3). United Nations Children’s Fund
(UNICEF) melaporkan Indonesia berada di peringkat kelima dunia untuk negara dengan jumlah anak yang terhambat pertumbuhannya paling besar dengan perkiraan sebanyak 7,7 juta balita (Natalia dkk, 2013). Z score adalah nilai simpang baku yang menunjukkan status gizi, BB aktual adalah berat badan balita hasil penimbangan, BB median adalah berat badan standar (Mutalazimah dkk, 2009:156). Dengan menggunakan metode z-score, hasil perhitungan status gizi balita sudah cukup akurat karena semua perhitungan disesuaikan dengan standar kesehatan dari Kementrian Kesehatan RI dan WHO (World Health Organization). Berdasarkan uraian tersebut, dibutuhkan sebuah sistem yang diharapkan dapat mewakili seorang kader (petugas posyandu) untuk menyampaikan informasi tentang kesehatan kepada masyarakat luas betapa pentingnya memperhatikan tumbuh kembang balita agar meminimalisir terjadinya peningkatan status kekurangan gizi pada balita. Oleh karena itu, agar menyampaikan informasi lebih cepat dan fleksibel, sistem informasi ini akan diaplikasikan dalam bentuk Website.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.