DESAIN DAN IMPLEMENTASI COMPUTERIZED ADAPTIVE TEST DENGAN E-PSIKOMETRIK

Risnandar Risnandar, Sari Dewi Budiwati, Eddy Prasetyo Nugroho

Abstract


Salah satu indikator yang menunjukkan baik tidaknya mutu pendidikan suatu perguruan tinggi adalah kualitas produk yang dihasilkan oleh perguruan tinggi tersebut. Produk yang baik dapat diciptakan dengan adanya generasi penerus yang memiliki ilmu pengetahuan. Mutu calon mahasiswa dapat diukur (diperkirakan) melalui tes psikologi. Tes yang digunakan harus dipercaya validitas dan reliabilitasnya. Pengujian validitas dan reliabilitas tersebut dapat dilakukan dengan penggunakan pendekatan teori tes klasik. Penelitian ini akan mengetahui karakteristik mahasiswa baru secara reliabilitas dan validitas saat tes masuk ke Politeknik Telkom Bandung berbasis elektronik psikometrik (e-psikometrik) yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Computerized Adaptive Test (CAT), akan menguji kemampuan calon mahasiswa baru di Politeknik Telkom yang tinggi kemampuannya dengan diberikan soal yang relatif sulit dan begitu juga sebaliknya.Modul CAT yang diimplementasikan dalam penelitian ini berbasis epsikometrik. Modul CAT dalam penelitian ini tetap mengadopsi algoritma Item Response Theory (IRT) dengan tiga parameter. Parameter tersebut adalah parameter kesulitan soal, parameter guess, dan parameter diskriminasi. Untuk mengestimasi kemampuan calaon mahasiswa baru akan digunakan metode Maximum Likelihood (MLE). Sedangkan untuk menentukan kriteria pemberhentian tes akan digunakan kombinasi dari time limit, fixed length, dan variabel length. Untuk variabel length nilai standar errornya dapat diatur pada opsi tes adaptif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.