PEMANFAATAN MEDIA INTERNET MELALUI SITUS TWITTER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN BISNIS

ILONA V. OISINA SITUMEANG

Abstract


Seiring perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan informasi meningkat, dengan perkembangan teknologi yang canggih membantu pemenuhan kebutuhan akan informasi, menciptakan dunia tidak lagi mengenal batas, jarak, ruang dan waktu. Orang dapat berkomunikasi dengan siapa saja di berbagai tempat, hanya dengan memanfaatkan internet. Kehadiran internet membawa revolusi komunikasi. Era komunikasi global bermunculan situs social networking: Facebook, Twitter, Linked in, My Space, Google+, deviantART, LiveJournal, Tagged, Orkut, CafeMom, Ning, Meetup, myLife, myYearbook, Badoo, Qzone. Dari sekian banyak situs sosial, yang saat ini cukup menarik perhatian pengguna internet adalah Twitter. Twitter tidak hanya sebagai media komunikasi namun sebagai media bisnis. Metodologi penelitian didesain kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data: wawancaara, observasi dan studi pustaka. Informan dipilih 10 orang dari berbagai kalangan berbeda yang aktif menggunakan Twitter. Hasil yang di peroleh menunjukkan situs Twitter awalnya digunakan sebagai media komunikasi dengan para followers-nya, seperti mengirimkan pesan singkat, dapat melakukan share video atau foto dari fitur media stream flock dengan hanya men-drag foto atau video. Namun dengan semakin marak penjualan online, Twitter tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi namun sebagai media bisnis diantara para follwers-nya. Penjualan online melalui situs Twitter dianggap lebih aman melakukan jual-beli online dibandingkan dengan situs lainnya. Karena para followers biasanya sudah saling mengenal, sehingga kejahatan yang sering terjadi melalui jual-beli online melalui situs Twitter dapat diminimaliskan. Hal ini yang menjadikan Twitter menjadi pilihan followers dalam berkomunikasi dan berbisnis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.