ETNOGRAFI KOMUNIKASI (SINERGI KOMUNIKASI PASANGAN ETNIS CAMPURAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN EKONOMI RUMAH TANGGA)

Santa Lorita

Abstract


Mengatasi perbedaan suami-istri yang beda etnis rasanya tidak mungkin tanpa komunikasi karena dengan komunikasi akan timbul saling pengertian, interdependensi satu sama lain terkait perbedaan itu sendiri. Komunikasi mencakup banyak hal, mulai dari komunikasi untuk bersilaturahim, komunikasi untuk berkenalan, komunikasi untuk berbisnis, sampai dengan komunikasi di dalam pernikahan, khususnya komunikasi dalam konteks bertujuan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.
Penelitian ini diharapkan mampu membantu memecahkan masalah berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga pasangan beda etnis di wilayah Depok. Selain itu peneliti berharap hasil penelitian dapat menjadi rujukan bagi masyarakat Depok khususnya pasangan beda etnis untuk bisa melakukan sinergi komunikasi dalam memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga.
Dengan menggunakan pendekatan penelitian interpretatif dan metode etnografi komunikasi yang mana data akan dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam serta studi dokumentasi diharapkan hasil penelitian dapat menemukan satu model komunikasi yang dapat disosialisasikan kepada keluarga pasangan etnis campur khususnya dalam aspek pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga, selanjutnya dapat diterapkan para pasangan etnis campur tersebut dalam rumah tangga masing-masing.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.