PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA DOSEN TIDAK TETAP/LUAR BIASA DI PERGURUAN TINGGI SWASTA KOTA SUKABUMI

Yuri Rahayu

Abstract


Motivasi merupakan kondisi mental yang muncul dari dalam maupun luar individu yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan (action/activities). Sedangkan Kompetensi merupakan seperangkat knowledge, skill and ability yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh pribadi dosen dalam tugas keprofesionalannya. Kedua faktor tersebut sangat mempengaruhi Kinerja dosen. Tapi kenyataannya Kinerja dosen tidak tetap/luar biasa di Perguruan Tinggi Swasta Kota Sukabumi masih rendah atau kurang optimal. Maksud dan tujuan penelitian ini ingin memperoleh gambaran dan penjelasan mengenai seberapa besar pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kinerja dosen tidak tetap/luar biasa di Perguruan Tinggi Swasta Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisisnya mengunakan metode Deskriptif analisis. Terbukti hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi motivasi dan kompetensi terhadap kinerja dosen sebesar 41% (motivasi 8,0772%/ rendah dan kompetensi 32,928% /kurang memadai) sedangkan sisanya sebesar 59% diberikan oleh variable lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dan hanya sebesar 2 % dari jumlah dosen tidak tetap/luar biasa yang berhak disebut sebagai dosen sedangkan sebesar 98% belum layak disebut sebagai dosen karena belum memiliki SIM (Surat Izin Mengajar) disebabkan belum memenuhi ketentuan UU no.14 tahun 2005 pasal 47 butir 2 yang mensyaratkan bahwa dosen harus memeliki jabatan fungsional akademik (JFA) sekurang-kurangnya assisten ahli sebagai penentu kewenangan mengajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.