PENERAPAN STRATEGI E-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MOBIL SECARA ONLINE (STUDI KASUS PENJUALAN MOBIL PADA TOKOBAGUS.COM)
Abstract
Dalam pengelolaan sumber daya pelanggan, sebuah perusahaan harus memiliki strategi yang baik, mulai
dari perencanaan produk, survey pelanggan, cluster pelanggan, jenis produk, penentuan rentang harga, jaminan
kualitas, sertifikat mutu, keluhan pelanggan sampai mempertahankan pelanggan. Diperlukan strategi Customer
Relationship Management (CRM) yang baik pada perusahaan agar permasalahan pelanggan menjadi salah satu
keunggulan sebuah perusahaan. Pelanggan seolah enggan meninggalkan produk perusahaan, karena pelanggan
merasa puas dalam mendapatkan pelayanan dari perusahaan, Yang pada akhirnya pelanggan akan loyal terhadap
produk perusahaan. Seiring dengan kemajuan teknologi internet, banyak perusahaan mulai beralih berbisnis dengan
cara online, misalnya dengan membangun website, membuat blog atau menjual produknya dengan web online,
seperti Tokobagus.com. Strategi CRM yang diterapkan pada penjualan online akan berbeda dengan cara tradisional
atau biasa. Strategi ini disebut e-CRM. Penggunaan strategi ini dapat diaplikasikan pada penjualan mobil secara
online, sehingga volume penjualan makin meningkat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.