RANCANG BANGUN APLIKASI ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK TOUR AND TRAVEL DI INDONESIA

Dwi Rezky S Putra, Irya Wisnubadhra, Pranowo Pranowo

Abstract


Kepuasan pelanggan merupakan orientasi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan.Untuk mengenal dengan baik faktor-faktor apa yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, maka perusahaan harus memiliki sebuah jaringan hubungan yang baik dengan pelanggan. Kebutuhan inilah yang menjadi cikal bakal dibentuknya sebuah sistem untuk memahami kebutuhan pelanggan, menjaga loyalitas pelanggan, dan memberikan nilai tambah bagi para pelanggan dalam melakukan bisnis atau transaksi dengan perusahaan. Cahaya Community Tour and Travel adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang tour and travel yang melayani rute penerbangan dan mobil travel, dimana keberhasilan perusahaan terletak pada jasa yang ditawarkan dan sejauh mana perusahaan mampu menjalin hubungan dengan pelanggan. Namun perusahaan ini belum menerapkan electonic-Customer Relationship Management (e-CRM), sehingga belum mendapatkan keuntungan yang maksimal. Dengan menganalisis dan merancang salah satu aplikasi e-CRM yaitu SMS gateway diharapkan dapat membantu kebutuhan pelanggan sehingga meningkatkan profitabilitas perusahaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.