KAJIAN PENERIMAAN TEKNOLOGI SMARTPHONE BLACKBERRY DALAM PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi berlangsung sangat cepat. Salah satunya adalah dengan munculnya teknologi smartphone Blackberry. Penggunaan device tersebut sudah merambah ke seluruh wilayah di Indonesia dan seluruh kalangan baik pelajar, mahasiswa, eksekutif muda, pengusaha, ataupun masyarakat umum. Oleh karena itu perlu diketahui penerimaan teknologi tersebut di masyarakat, terutama dalam proses perdagangan elektronik (e-commerce). E-commerce merupakan salah satu aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow. Dengan menggunakan teknologi informasi, e-commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis yang tidak mengenal jarak dan lokasi bisnis. Model yang digunakan untuk mengetahui tingkat penerimaan teknologi tersebut adalah Tecnology Acceptance Model(TAM). Dalam penelitian yang dilakukan akan diteliti faktor-faktor yang diduga mempengaruhi penggunaan teknologi smartphone Blackberry. Faktor-faktor tersebut antara lain, persepsi kemudahan penggunaan, kualitas sistem, niat untuk menggunakan, sikap terhadap penggunaan, kepuasan pengguna. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) yang menggunakan software AMOS 18.0. Hasil penelitian yang menghubungkan antara variabel persepsi kemudahan penggunaan dan kualitas sistem ternyata berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menggunakan, sikap dalam menggunakan dan kepuasan pengguna.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.