PERAN ICT SEBAGAI MEDIA PENINGKAT KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI INDONESIA
Abstract
Media/sarana belajar adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam proses sertaupaya peningkatan mutu/kualitas pembelajaran bahasa asing di Indonesia. Peran ICT sebagai salah satu media/sarana penunjang pembelajaran bahasa sangatlah penting terutama dalam menunjang aspek kebermaknaan, otentisitas serta konteks bahasa yang merupakan hakikat alamiah dari sebuah bahasa. Selama ini dalam proses pembelajaran manual guru sering dijadikan satu – satunya sumber belajar yang dapat dijadikan sebagai referensi siswa dalam mempelajari aspek – aspek bahasa seperti: pengucapan/pelafalan, tata-bahasa, idiom, dsb, dengan adanya ICT peran guru menjadi lebih ringan dan belajar menjadi lebih menarik sehingga dapat memotivasi siswa untuk mempraktekkan pengetahuannya dalam lingkup kehidupannya sehari-hari, disamping tentu saja dapat meningkatkan motivasi para pembelajar bahasa untuk terus belajar setiap saat (life-long learning). Namun keberadaan ICT di Indonesia bukanlah tanpa tantangan/hambatan, persoalan guru yang belum sepenuhnya terstandar sesuai UUD Sistem Pendidikan Nasional, keberadaan infrastruktur ICT yang belum merata, dan kurangnya sosialisasi akan pentingnya peralatan serta cara merawatnya membuat ICT masih menjadi “previleges” masyarakat kota ataupun sekolah – sekolah mapan saja. Hendaknya pemerintah juga tanggap untuk melakukan berbagai hal yaitu: membuat sebanyak mungkin program/software pendidikan bahasa yang dapat diakses oleh para stakeholder pendidikan, menyediakan fasilitas dan memperbaiki infrastruktur ICT, meningkatkan kualitas dan pemahaman guru tentang pentingnya ICT serta secara bijak melihat dan mengevaluasi penerapan ICT tersebut sesuai dengan karakteristik sekolah yang ada maupun perkembangan zaman.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.