MEDIA BARU DAN FENOMENA KOMUNIKASI POLITIK PADA PEMILUKADA DI PROVINSI BANTEN 2011

Afdal Makkuraga Putra

Abstract


Aplikasi media baru (internet) dalam ranah praktek komunikasi politik Indonesia mulai terlihat sejak awal tahun 1997. Penggunaan website bagi parpol kala itu memang memiliki keunikan tersendiri. Dengan membuat website kampanye di Internet bisa lebih murah dan efisien. Istilah E Demokrasi sebenarnya adalah penggunaan media baru dalam ranah politik. Pengunaan media baru tersebut dianggap dapat memperkaya partsipasi warga dalam sosialisasi politik. Meskipun semua kandidat sudah memiliki fasilitas interaktif, hampir semua situs tersebut masih satu arah. Terlihat mereka hanya ingin menginformasikan, belum mendorong agar pengunjung menyampaikan pandangan dan aspirasinya dan kemudian berinteraksi. Barangkali ini juga terkait dengan sikap pengunjung dunia maya di Indonesia yang juga belum interaktif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.