PENERAPAN e-CAM DALAM KAJIAN PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI SARANA BELANJA ON-LINE UNTUK MEMASARKAN BUNGA SABUN

Kusuma Hati, Sonia Garda

Abstract


Pada kesempatan kali ini penulis juga ingin melakukan suatu penelitian yang bekaitan dengan penggunaan Facebook, tetapi lebih mengarah pada penggunaanya sebagai sarana e-commerce atau belanja secara online. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan : dapat mengkaji penggunaan Facebook sebagai sarana belanja On-Line yang akan digunakan untuk memasarkan produk kreativitas bunga sabun serta dapat dihasilkan suatu model yang menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Facebook sebagai sarana belanja On-Line. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat membantu mengidentifikasi dan dapat menjadi pertimbangan kedepan bagi pengrajin bunga sabun untuk memasarkan produknya melalui Facebook. Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian mengenai hubungan sebab akibat dari variabel-variabel yang akan diteliti serta mengkaji hubungan antara variabel-variabel tersebut, yang meliputi Jumlah Pengguna (JP) sebagai variabel eksogen. Sedangkan variabel endogennya, yaitu : Persepsi Resiko (R), Persepsi Kepercayaan (KP), Persepsi Manfaat (M), Persepsi Kemudahan (KM) dan Aktualisasi Penggunaan facebook (AFB). Selain itu, penelitian ini juga menggambarkan penggunaan pendekatan e-Commerce Acceptance Model (e-CAM) yang mensyaratkan adanya penerimaan e-Commerce dengan menggunakan jejaring sosial, yaitu Facebook. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa dalam memasarkan bunga sabun diupayakan untuk meminimalkan resiko. Selain itu untuk memasarkan bunga sabun akan lebih bermanfaat bila pemasaran dilakukan terhadap pembeli yang sudah dikenal terlebih dahulu.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.