ANALISIS PENGGUNAAN TOOLS KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “VIRTUAL DRIVE NETWORK” MENGGUNAKAN METODE MOST ADMIRED KNOWLEDGE ENTERPRISE (MAKE)

Maysaroh Maysaroh, Bambang Setyarso

Abstract


Munculnya sebuah teknologi baru dibidang informasi dan komunikasi berupa tools Knowledge Management System dengan pembelajaran multimedia, sebagai sarana pendukung sistem pembelajaran dan upaya untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran yang baik, sehingga tercipta sekolah menengah atas yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.
Knowledge Management pertama kali diperkenalkan kira-kira pada awal tahun 1990-an. Namun studi awal tentang knowledge management telah dilakukan pada pertengahan tahun 1980-an antara lain oleh Karl Erik Sveiby dan Tom lloyd (1987). Knowledge management kemudian berkembang menjadi ilmu yang banyak diterapkan diberbagai perusahaan. Sampai saat ini sudah ada beberapa pakar yang secara serius mengembangkan Knowledge Management.
SMA Muhammadiyah 13 Jakarta telah menerapkan konsep Knowledge Management System dengan adanya pembelajaran berbasis multimedia interaktif sebagai sarana pendukung sistem pembelajaran dan dalam melakukan proses pengajaran bagi guru.
Melalui penelitian ini dapat diketahui sejauh mana penggunaan tools “Virtual Drive Network” yang nantinya dapat meningkatkan prestasi siswa baik untuk lulus dalam Ujian Nasional (UN) maupun ujian kenaikan kelas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.