MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN DOSEN BERPRESTASI DENGAN MENGGUNAKAN ANALITYCAL NETWORK PROCESS (ANP)

Eka Wulansari Fridayanthie

Abstract


Meningkatan kualitas pelayanan kepada mahasiswa dengan cara melakukan penilaian terhadap dosen adalah salah satu cara agar dapat terus berdaya saing dengan kompetitor. Dengan melakukan penilaian terhadap kinerja dosen per tahun untuk menentukan dosen dengan kualitas dan kemampuannya yang terbaik yang akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan kinerja dosen.
Belum adanya sistem informasi yang secara khusus yang memberikan dukungan bagi pengambil keputusan (Decision Maker) merupakan suatu kendala yang dihadapi sehingga sulit menghasilkan keputusan yang optimal. Selain itu, data pendukung yang diperlukan sebagai dasar pengambilan keputusan berasal dari bagian dan biro lain sehingga proses pengambilan keputusan memerlukan waktu yang cukup lama.
Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan instrumen yang digunakan untuk menentukan prioritas kebijakan yaitu dengan menggunakan Analytic Network Process (ANP) dengan software Super Decision. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah Model yang dapat menunjang dalam pengambilan keputusan dalam hal menentukan dosen dengan kinerja terbaik yang akan dinyatakan sebagai dosen berprestasi setiap tahunnya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.