PENERAPAN ICT PADA KWH METER LISTRIK PRABAYAR SEBAGAI INOVASI TEKNOLOGI BERDASARKAN PREFERENSI INDUSTRI KREATIF

Feri Prasetyo H

Abstract


Kepuasan pelanggan adalah faktor yang sangat menentukan dari keberhasilan suatu produk agar
dapat diterima dimasyarakat menurut Harum Haidir (2006) faktor yang mempengaruhi kepuasan adalah
kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, Kualitas layanan dan citra perusahaan. Sebagai Contoh adalah
Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang merupakan BUMN yang memproduksi dan mendistribusikan energi
listrik, tepatnya di awal 2008 PT PLN persero mengeluarkan sistem prabayar dengan token dan pengunaan
Teknologi Informasi Dan Komunikasi pada kwh meter prabayar. Penerapan ICT yang diterapkan oleh PLN ini
dalam bentuk KWH meter dan merupakan satu buah terobosan teknologi yang diadobsi oleh PLN untuk
menghindari berbagai masalah yang terjadi selama ini di sistem listrik Pasca Bayar, Namun Penerapan Listrik
prabayar semua itu akan terlaksana bila segala fasilitas tercukupi mulai dari loket penyedia Token listrik
hingga layanan konsumen 24 jam sangat menentukan. Menurut John C. Mowen (2000:512), Kepuasan
Konsumen adalah “Consumer Satisfaction is defined as the overall attitude regarding a good or service after its
acquisition and use.” Definisi dari kepuasan konsumen disini adalah keseluruhan sikap yang timbul setelah
membeli atau menggunakan sebuah produk atau jasa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah study
kolerasi antara sistem penerapan prabayar yang dilakukan oleh PT PLN dengan Kwh Meter prabayar dan
referensi pelanggan listrik prabayar dengan skala ordinal Pada sampel yang telah ditentukan, serta menarik
kesimpulan dari hasil yang didapat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.