ANALISA MODEL TRUST (KEPECAYAAN) TERHADAP ECOMMERCE ( DI TINJAU DARI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI E-COMMERCE)

Rachmat Hidayat, Dr.Eng Dwi Handoko

Abstract


Transaksi e-commerce memiliki potensi resiko yang cukup tinggi. Oleh karena itu faktor kepercayaan
pelanggan terhadap vendor menjadi kunci kesuksean e-commerce. Indonesia sebagai negara yang baru
berkembang dan baru mengadopsi e-commerce, tentunya memiliki perbedaan dengan negara maju yang telah
lama mempraktikkannya. Perbedaan tersebut setidaknya menyangkut masalah regulasi, hukum, dan perilaku
konsumen.Tujuan penelitian ini menganalisa sejauhmana kepercayaan masyarakat terhadap penggunaan
teknologi e-commerce, terhadap pengetahuan teknologi, mutu website, kualitas layanan ecommerce.
Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa situs e-commerce seperti gramedia.com,klikbca.com
dan lain-lain, dengan sampel sebanyak 230 responden.Dari ketiga variabel yang mempengaruhi kepercayaan
pelanggan, ternyata mempunyai pengaruh positif dan signifikan.Baik Yang berpengetahuan tinggi ataupun
rendah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.