Implikatur Dan Interpretasi Iklan Surya Pro Mild Versi Seru itu Bareng-Bareng: Pemaknaan Peristiwa Tutur Yang Berlangsung Di Dalamnya

Prapti Wigati Purwaningrum

Abstract


Saat ini berragam jenis iklan tayang di televisi. Iklan tidak lagi menjadi sarana untuk menyampaikan atau mempromosikan suatu produk alat untuk menyampaikan pesan khusunya hal yang sedang berkembang di masyarakat. Dalam tulisan ini penulis ingin mengetahui bagaimana pesan yang tersirat atau implikatur muncul dalam sebuah iklan serta pemaknaan simbol yang muncul dalam iklan tersebut. Iklan rokok Surya Pro Mild versi ”Teman itu main bareng- bareng” sebagai sumber data. Teori yang digunakan untuk menganalisa data tersebut teori Implikatur dari Grice, teori semiotic dari Pierce dan dari Sperber&Wilson yang mengemukakan teori Relevenasi. Simpulan dari tulisan ini adalah adanya pesan yang tersirat atau implikatur dalam iklan rokok Surya Pro Mild versi “teman itu bareng-bareng”makna dari implikatur tersebut adalah telah bergeser rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap teman dan sesama. Kondisi seperti inilah yang sedang terjadi dalam masyarakat, alat komunikasi berupa handphone yang fungsi awalnya sebagai alat yang mampu menghapus bentangan jarak dan waktu untuk bertanya kabar kini telah beralih fungsi sebagai benda yang wajib dimiliki untuk menunjukan eksistensi. Handphone kini tidak hanya mampu mendekatkan yang jauh tetapi juga telah menjauhkan yang dekat. Iklan tersebut diperankan oleh sekelompok anak muda yang menyimbolkan bahwa di usia tersebut merupakan usia produktif dan menuju kedewasaan. jika di usia tersebut sudah tidak ada kepedulian dan kebersamaan, lalu apa yang terjadi beberapa kurun waktu mendatang.Iklan ini menjadi sebuah sindiransekaligus peringatan bagi semua untuk selalu cerdas dalam menerima dan menggunakan kecanggihan teknologi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.