Pengukuran dan Evaluasi Kurikulum, Kinerja Guru dan Kepribadian Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia

Nurvi Oktiani, Hamdan Thoif

Abstract


Peningkatkan Kinerja pendidikan masih menjadi suatu tantangan yang berarti dan juga menjadi isu di Indonesia, sebagaimana negara-negara lainnya suatu pengukuran dan evaluasi seharusnya benar-benar dilakukan untuk membangun serta mengevaluasi kembali hasil atau kualitas pendidikan, yang akhirnya dapat memberikan suatu pengaruh yang dapat membuat suatu keputusan yang dapat membangun suatu kebijakan sistem pendidikan itu sendiri, adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengukuran dan evaluasi kinerja pendidikan di indonesia dengan mengunakan variabel kurrikulum, kinerja guru atau pendidik, dan kepribadian atau tingkah laku siswa dimana penelitian ini didasarkan atas persepsi siswa-siswi tersebut. Penelitian mengunakan metoda Struktural Equation Model(SEM), adapun hasil tersebut memberikan suatu deskripsi tentang pengukuran kurrikullum, dan tingkah laku serta yang mana memiliki hubungan yang signifikan terhadap kualitas pendidikan, namun dilain pihak kinerja guru tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap kualitas hasil pendidikan, maka dari hasil , dapat di buat kesimpulam bahwa adanya suatu kebutuhan untuk peningkatan dari ketiga variabel tersebut diantaranya kurrikulum, kinerja guru, dan kepribadian dan tingkah laku pelajar/siswa-siswi terhadap kualitas pendidikan di indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.