Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Pada SMP Yanuri Jakarta

Yunita Yunita, Maruloh Maruloh, Septiyani Wulandari

Abstract


Dalam era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi melaju dengan cepatnya. Adapun komputer yang merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, saat mencapai kemajuan baik di dalam pembuatan hardware maupun software. Sekolah Menengah Pertama Yanuri Jakarta adalah salah satu instansi dalam dunia pendidikan yang belum memiliki sistem informasi berbasis web. SMP Yanuri Jakarta membutukan sekali adanya suatu sistem informasi berbasis web untuk mengelola pelaksanaan penerimaan siswa baru serta memberikan informasi tentang sekolah kepada masyarakat luas. Untuk itulah penulis membuat Tugas Akhir mengenai sistem penerimaan siswa baru pada SMP Yanuri Jakarta berbasis web. Pada saat ini sistem penerimaan siswa baru pada SMP Yanuri Jakarta masih dilakukan secara manual, mulai dari calon siswa datang kesekolah untuk mengambil formulir pendaftaran sampai proses seleksi penerimaan siswa baru, sehingga kurang efektifnya proses tersebut. Penulis membuat sistem penerimaan siswa baru berbasis web dengan menggunakan aplikasi Adobe Dream Weaver CS6 dan menggunakan database MySQL. Untuk metode yang digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini menggunakan metode waterfall yang terdiri dari empat tahapan yaitu analisa kebutuhan perangkat lunak, desain, pengkodean, dan pengujian. Pada tahap desain, pertama penulis membuat rancangan antar muka untuk program yang akan dibuat, setelah itu membuat ERD (Entity Relationship Diagram) kemudian ditransfusikan kedalam LRS (Logical Record Structure) serta membuat perancangan basis data. Sistem informasi ini merupakan solusi yang baik untuk memecahkan permasalahan yang ada pada sekolah ini. Hasil yang diharapkan dari sistem berbasis web ini agar proses penerimaan siswa baru berjalan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan sistem yang sedang berjalan saat ini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.