Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Kinerja Perusahaan

Asep Suryana, Acep Suherman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perputaran modal kerja PT BPR Supra Arta Persada Cabang Sukabumi, perkembangan kinerja perusahaan pada PT BPR Supra Arta Persada Cabang Sukabumi, dan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja terhadap kinerja perusahaan pada PT BPR Supra Arta Persada Cabang Sukabumi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode ex-post facto. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang didapat dari laporan keuangan dan non keuangan dari PT BPR Supra Arta Persada Cabang Sukabumi. Untuk menguji hipotesis digunakan regresi linear dan korelasi dengan menggunakan program SPSS 20.0 For Windows.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara perputaran modal kerja pada PT BPR Supra Arta Persada Cabang Sukabumi. Tingkat keeratan hubungan (korelasi) kedua variabel cukup kuat, yaitu r = 0,900 dengan nilai koefisien korelasi r > 0 artinya apabila perputaran modal kerja semakin meningkat maka kinerja perusahaan akan semakin meningkat, dan sebaliknya. Tingkat pengaruh yang dicapai adalah sebesar 86,68%, dan sisanya sebesar 13,32% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan melalui uji hipotesis yaitu dengan menggunakan uji t, diperoleh nilai t hitung = 4,432 dan nilai t tabel = 2,571. Berdasarkan nilai t hitung tersebut, maka nilai Thitung lebih besar dari Ttabel H0 berada di daerah penolakan. Hasil analisis regresi linier sederhana bahwa Setiap peningkatan 1X (kali) perputaran modal kerja maka kinerja perusahaan akan naik sebesar 4,432%. Jadi dapat disimpulkan bahwa perputaran modal kerja memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap kinerja perusahaan pada PT BPR Supra Arta Persada Cabang Sukabumi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.