Manajemen Pengadaan Barang Alat Tulis Kantor Pada Biro Pengembangan Prasarana dan Sarana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta

Inadya Anggraini, Dirgahayu Erri, Sederhana Sembiring, Eka Handayani Handayani

Abstract


Manajemen pengadaan merupakan bagian dari Supply Chain Management yang secara sistematik dan strategis memproses pengadaan barang dan jasa. Manajemen pengadaan dimulai dari sumber dimana barang diperoleh hingga sampai ke tempat tujuan berdasarkan tepat mutu, jumlah, harga, waktu, sumber, dan tempat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Barang yang dimaksud dalam manajemen pengadaan disini hanya dikhususkan pada alat tulis kantor. Dalam memperoleh data penulis menggunakan beberapa metode diantaranya: metode observasi, metode wawancara, dan studi dokumentasi. Pengadaan alat tulis kantor dilakukan apabila persediaan di gudang telah mencapai stok minimum atau karena adanya permintaan dari pengguna. Tempat pengadaan barang dilakukan pada Biro Pengembangan Prasarana dan Sarana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Manajemen pengadaan pada Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya meliputi perencanaan, penempatan sumber daya manusia, dan penilaian/evaluasi terhadap karyawan dan penyedia barang. Pengadaan barang dilakukan pada periode Januari-Desember 2014. Kendala yang timbul dalam pengadaan barang adalah kurangnya sumber daya manusia dan waktu pengiriman barang dari penyedia yang tidak sesuai dengan pesanan. Upaya mengatasi kendala dalam pengadaan barang adalah melakukan penambahan karyawan, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu dan mempunyai beberapa penyedia lain agar resiko keterlambatan pengadaan alat tulis kantor dapat diatasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.